Video of the Day

Tips Merawat Bayi Baru Lahir

cara merawat kulit bayi - Memiliki bayi tentulah anda harus memiliki cara perawatan yang ekstra agar bayi anda selalu terjaga kesehatan dan kenyamanan nya. Banyak para orang tua muda yang masih bingung dengan cara merawat bayi. Berikut akan kami jelaskan Tips Merawat Bayi Baru Lahir:



Merawat Tali Pusar
Merawat tali pusar merupakan salah satu hal yang sangat wajib anda ketahui. Karna jika anda sembarangan bisa berakibat fatal bagi bayi anda. Setelah selesai mandi, bersihkan sekeliling dan bagian dasar tali pusat dengan kain kasa yang dibasahi air, kemudian keringkan dan bungkus kembali dengan kain kasa yang baru. Daerah tali pusar harus tetap kering dan bersih, hindari menutup daerah tersebut dengan popok.

Merawat Kulit bayi
Jika ada bekas ‘merah-merah’ di seputar mulut dan pipi bayi, kemungkinana karena bekas tetesan air susu. Segera setelah menyusui, bersihkan seputar mulut dan pipi bayi dari bekas-bekas susu dengan air bersih dan lap agar kering.  Jangan menaburkan bedak di atas kulit yang kemerahan, karena membuat kulit kering, bahkan bisa menyebabkan kulit tersebut jadi gatal.

Memandikan Bayi
Berikut beberapa tips yang harus diketahui ketika memandikan bayi:
Sebelum ibu memandikan bayi, sebaiknya persiapkanlah terlebih dahulu semua keperluan mandinya, seperti handuk, sabun mandi, pakaian bayi hingga kosmetik bayi. Setelah itu siapkan air hangat (36 derajat – 37 derajat celcius) atau terasa hangat di siku tangan ibu, dan lepaskanlah baju bayi secara bertahap. Mandikanlah bayi mulai dari daerah wajah, kepala, dada dan lainnya. Setelah itu bersihkan daerah mata dari luar ke dalam dengan menggunakan kapas yang telah dibasahi. Basuhlah dari daerah kepala, wajah, leher, dada, lengan, punggung, dan perhatikanlah daerah lipatan. Gunakan shampo pada bagian kepala dan sabuni bagian badan bayi dengan menggunakan waslap yang telah dibasahi dengan air hangat. Setelah itu, bilaslah dengan air hingga bersih dan keringkan dengan menggunakan handuk yang lembut.

Memberi susu
Memberikan susu pada bayi yang baru lahir mungkin akan sangat sering. Umumnya, bayi harus diberi susu antara 8-15 kali dalam sehari. Hal ini terjadi karena kapasitas perut mereka masih sangat kecil. Dalam proses menyusui, usahakan untuk melakukannya dengan posisi yang bergantian agar Anda turut merasa nyaman.

Itulah beberapa Tips Merawat Bayi Baru Lahir, semoga bermanfaat.



You May Like :

0 Response to "Tips Merawat Bayi Baru Lahir"

Posting Komentar