Video of the Day

Kenali Penyebab dan Gejala Tifus Sejak Dini

Penyebab tifus dan gejalanya- Penyakit tipus merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri yang disebut dengan bakteri salmonella tyhps. Tifus bukanlah penyakit yang menular. Tetapi jika seseorang menderita penyakit tifus maka akan cepat memberikan efek buruk bagi tubuh.



Di Indonesia tifus masih merupakan penyakit yang sering menyerang dan termasuk salah satu penyakit yang menjadi masalah serius. Berdasarkan sebuah penelitian, ditemukan bahwa tifus menjangkiti sebanyak 800 hingga 100 ribu penduduk Indonesia sepanjang tahun 2008. Ini membuktikan bahwa tifus masih masih merupakan penyakit endemik dan masalah kesehatan yang serius di negara ini.

Tidak hanya disebabkan oleh bakteri salmonella tyhps, tetapi tifus juga bisa disebabkan oleh kutu badan yang bisa mengakibatkan tipes epidemik. Penyakit ini diakibatkan oleh bakteri yang bernama Ricketsia Typhi yang dibawa dan disebarkan oleh kutu. Biasanya penyakit ini disebarkan oleh tungau dan caplak.

Gejala tifus biasanya muncul sekitar 6 hari hingga 30 hari setelah terpapar bakteri penyebab tifus. Bagi anak-anak ataupun orang dewasa, tipus harus segera ditangani. Meskipun pada awalnya memang hanya menunjukkan gejala ringan seperti halnya demam biasa. Akan tetapi semakin lama jika tidak mendapatkan pertolongan, bisa saja akan terjadi kebocoran usus yang akan berujung kematian.

Ciri ciri gejala penyakit tifus:
Demam atau panas dengan suhu tinggi, bisa mencapai hingga 39-40° C
Sakit kepala
Nyeri otot
Sakit perut
Tidak nafsu makan
Sembelit atau diare (Kecendrungannya, sembelit pada dewasa dan diare pada anak-anak)
Ruam berupa bintik-bintik merah muda kecil
Pegel-pegel
Lemas
Rasa Kebingungan, seperti disorientasi tempat dan lingkunga

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyakit  tifus. Semoga bermanfaat.

You May Like :

0 Response to "Kenali Penyebab dan Gejala Tifus Sejak Dini"

Posting Komentar